Pages

Monday, October 17, 2011

Cristiano Ronaldo sudah dewasa


Semua orang kenal sosok ini. Si pengklaim jago, ganteng, muda dan kaya. Cewek yg dipacarin pun gonta ganti, yah jangan heran sih. Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, atau dikenal luas Cristiano Ronaldo, atau CR7. Secara teknis, pemain kelahiran Funchal ini permainannya yg atraktif didukung fisik yg kuat dan kokoh, lari cepat dan tendangan parabol ajaib sanggup bikin bek dan kiper manapun ngeri. Footworknya yg eksepsional banyak menginspirasi pemain lain dan terutama anak2 kecil untuk meniru gayanya, baik dribel yg khas maupun freekick parabol. Sendirian dia bisa mengubah jalannya pertandingan. Layaknya legenda macam Johan Cruyff, CR7 adalah strategi dari tim. Pelatih tau persis dengan membentuk armada kokoh yg menopang seorang CR7 sebagai poros tim, timnya dapat mengalahkan tim manapun.

Statistik ga bisa bohong. 40 gol di La Liga musim lalu adalah rekor. Jarang pemain bs nyetak 40 gol dalam semusim liga di era sepakbola modern yg kental kolektivitas dan kekuatan pertahanannya. Tapi sayang timnya, Real Madrid, hanya meraih Copa Del Rey, sementara di La Liga dan Liga Champions masih rontok ditangan seteru abadi Barcelona, tim terbaik dunia saat ini yg dimotori saingan beratnya, Lionel Messi.

CR7 sekarang udah puas mengguncang dunia statistik sepakbola. Rekor2 udah dipecahkan, tapi nyatanya timnya kalah. Tim kalah, gelar pemain terbaikpun lepas ke tangan Messi. Nampaknya Jose Mourinho udah berhasil ngedidik CR7. Dia ngajarin melalui fakta. Messi yg menang karena dia ngebawa Barca menang. Klub adalah segalanya, klub diatas pemain.

Dari filosofi demikianlah CR7 nampaknya belajar. Kemenangan tim adalah yg utama siapapun pencetak golnya. CR7 sadar gelar pribadi adalah semata hasil dari pencapaian tim, dan bukan lagi tujuan utama. Bukti teraktualnya adalah sampai saat ini dia udah menyumbang 4 assist di la liga, sementara golnya masih 6.

CR7 memberi assist mudah untuk Gonzalo Higuain, striker dengan finishing berkelas di masa kini. Walaupun posisi udah wide open untuk shoot, sekarang dia akan melihat dulu posisi kawannya, dia akan mengoper, dia akan mengumpan dan membuka ruang bagi kawannya. CR7 sudah dewasa sekarang, dan kita akan nantikan persaingan yang makin ketat dengan Messi, dan tentunya antara Real Madrid dan Barcelona.

No comments:

Post a Comment