Pages

Monday, December 5, 2011

Euro 2012: Let's Create History Together!


Beberapa hari lalu ditengah sarapan menjelang berangkat jadi corporate slave, gw duduk rapi didepan tv. Di layar tv ada berita politik tentang Nazarudin, tp bukan si tertuduh koruptor yg ngabisin 4 miliar rupiah hanya demi jemput ke Kolombia yg bikin gw tertarik, melainkan running text dibawahnya. Apa isinya? Hasil drawing Euro 2012.

I couldn't finish my coffee as soon as I saw the drawing result. When I saw "Group A: Poland, Czech Republic, Russia, Greece" I lost my appetite. I could imagine that the next 3 group will be group of death! Bukannya saya mengecilkan keempat kontestan grup A ini. Tapi nyatanya saya sulit percaya bahwa Polandia bakal melaju. Walaupun mereka tuan rumah, Robert Lewandowski dkk tidak bisa dibilang teruji menahan kebangkitan Rusia. Negara Poros BRICS ini sedang menikmati kebangkitan sepakbolanya. Banyak orang kaya mereka menjadi pemilik klub bola, baik dalam maupun luar Rusia. Kebangkitan awal mereka sudah menuai hasil dalam bentuk Andrei Arshavin, Igor Akinfeev, Roman Pavlyuchenko, Igor Semshov, sampai sekarang Alan Dzagoev mereka gadang2 menjadi bintang turnamen. Ingat juga, mereka adalah semifinalis Euro 2008 saat pertama kali Andrei Arshavin dan Pavel Pogbernyak membuka mata dunia, khususnya jaringan talent scout klub2 kaya. Bagaimana dengan Yunani dan Ceko? Well, harus diakui bahwa keberhasilan menjuarai Euro 2004 membuat Hellas kini menjadi langganan kontestan turnamen sepakbola kelas dunia. Meskipun susah mengulangi sensasi Theodore Zagorakis cs di 2004, mereka punya modal seperti biasa: pertahanan tangguh dan serangan balik dahsyat. Ceko? Well, sepeninggal Pavel Nedved, Karel Poborsky, Patrik Berger dan Petr Kouba, sekarang Tomas Rosicky masih belum mampu secara masif menggandeng Martin Fenin, Jaroslav Plasil atau Tomas Necid menapaktilasi permainan senior-seniornya itu.

And the group of super-death was also announced. "Group B: Germany, Netherland, Portugal, Denmark" I said "Come on! We will probably see Cristiano come home soon!" Also I thought we won't see best of Cristian Erikssen in dynamite force. Disini kita bakal lihat tim2 juara beradu. Jerman & Belanda mungkin unggulan terdepan, tp mereka gak bisa menyampingkan Portugal dan Denmark. Dengan Erikssen sebagai motor serangan, Denmark bisa berharap mampu meledak lagi seperti tahun 1992. Mereka mampu memaksa Portugal menjalani Play-off sebelum lolos ke Euro 2012. Portugal sendiri bisa dibilang tim layak menjuarai turnamen besar, karena punya sekumpulan pemain2 juara disana. Ronaldo, Nani, Raul Meireles, Bruno Alves, Pepe, Fabio Coentrao dan Joao Moutinho adalah nama2 jaminan mutu di game Football Manager. Sayangnya ego besar pelatih Paulo Bento bisa menjadi bumerang dengan diparkirnya pemain2 senior macam Ricardo Carvalho dan Jose Bosingwa. Jerman dan Belanda jangan ditanya. Mereka adalah tim spesialis turnamen yg akan memberikan segalanya untuk menang. Eskalasi performa Mesut Ozil, Mario Goetze, Mats Hummels dan Mario Gomez di kubu Panser maupun Robin Van Persie di kubu Oranje diharapkan berada pada klimaks yg sanggup mengantarkan prestasi terbaik di perhelatan 4 tahunan ini.

Well selanjutnya gw penasaran dimana Italia berada. Ternyata ada di Grup C. Spanyol, Italia, Irlandia dan Kroasia. Another tough group as well, I guess. Saya capek membayangkan jagoan saya Italia bakal tersingkir dini nanti di Euro 2012. Kesedihan saya belum juga hilang mengingat nasib mereka di South Africa 2010. Dan sekarang, mereka harus satu grup dengan sang juara bertahan Spanyol. Dan satu grup pula dengan Irlandia yg dilatih salah satu putra terbaik mereka, Giovanni Trappatoni. Italia dibawah Prandelli yg menyukai striker-striker pendek mengandalkan Antonio Cassano dan Giuseppe Rossi sebagai kartu jokernya. Sayang keduanya mengalami cedera yg gawat sehingga kemungkinan tampilnya di Ukraina-Polandia relatif tipis. Mengandalkan si bengal "Why Always Me" Mario Balotelli adalah perjudian, tapi memang saat ini Italia butuh pemain nakal seperti dirinya, maupun Cassano dan Rossi untuk menemani striker2 "lurus" macam Gianpaolo Pazzini, Alberti Gilardino maupun striker2 hijau macam Alessandro Matri dan Pablo Osvaldo. Vicente Del Bosque sebagai entrenador Spanyol juga gak bisa dibilang udah ongkang-ongkang kaki. Rentannya kondisi Carles Puyol memaksanya memasang Sergio Ramos mendampingi Gerard Pique. Lini pertahanan yg kurang seimbang ini berkontribusi memberikan hasil2 buruk tim matador selama uji coba belakangan ini. Belum lagi persoalan mandulnya Fernando Torres. Ide untuk tidak menyertakannya dan menggantinya dengan striker2 yg lagi on fire macam Fernando Llorente, Roberto Soldado atau memberikesempatan untuk Imanol Agiretxze dan Iker Muniain bukanlah perkara mudah. Diluar macetnya argo gol el nino, dia tetaplah striker terbaik yg dimiliki La Furia Roja. Dialah pencetak gol tunggal kemenangan Spanyol atas Jerman di final 2008 yg mentas di Stadion Ernst Happel itu. Pers boleh menempatkan Spanyol sebagai unggulan pertama, tapi jangan anggap enteng Irlandia dan Kroasia. Semangat tempur Britania Raya yg mengandalkan aspek fisik mampu menyulitkan tim manapun. Dengan Kevin Doyle dan Robbie Keane sebagai ujung tombak didukung Damien Duff dan Aiden McGeady dari kedua sisi lapangan, dan Shay Given yg kokoh dibawah mistar gawang, Irish bisa banyak berharap. Kroasia sekarang mungkin tidak setangguh pendahulunya. Prestasi generasi emas Zvonimir Boban, Davor Suker, Alen Boksic dan Igor Tudor cs mungkin sulit diulangi Luka Modric cs, walaupun ditukangi pelatih dari generasi emas tersebut, Slaven Bilic. Bilic, yg juga seorang gitaris band metal di negaranya, nyatanya gak mampu meloloskan Vetreni ke South Africa 2010. Bisa jadi di turnamen inilah karirnya sebagai pelatih Kroasia dipertaruhkan.

Satu grup lagi sudah jelas dong milik Ukraina, Inggris, Prancis dan Swedia. Wow, lagi2 tough group. Kita bakal lihat adu tajam striker2 kelas dunia di grup ini. Zlatan Ibrahimovic, Darren Bent dan Karim Benzema. Belum lagi ambisi Andriy Shevchenko untuk mempersembahkan yg terbaik bagi negaranya sebelum dia pensiun. Khusus Inggris, sebagai salah satu tim yg menjadi incaran favorit pers, ini bisa dibilang batas akhir generasi kebangkitan mereka yg dimulai akhir 90an. Frank Lampard, John Terry dan Ashley Cole mungkin akan habis setelah turnamen ini selesai. Usia memang hanya angka, tapi tidak bisa menipu performa. Absennya Wayne Rooney di 3 partai awal membuat grup ini terbuka persaingannya. Tapi tidak seperti turnamen sebelumnya yg selalu krisis kiper tangguh, kali ini St. George Cross bisa berharap banyak pada sosok Joe Hart. Sementara itu Zlatan Ibrahimovic akan mendapat suplai maksimal dari Seb Larsson dan Ola Toivonen, dan bisa jadi 1 atau 2 gol Ibra akan membantu mereka lolos dari grup ini. Prancis dilain sisi juga favorit. Pemain2 bagus dan pelatih kharismatik mereka miliki. Laurent Blanc diyakini mampu menularkan pengalaman dan mental juaranya sebagai pemain waktu menjuarai Euro di Belanda-Belgia 11 tahun lalu. Dengan skuad fresh yg dikomando Yohan Cabaye ditengah, Adil Rami dibelakang dan Karim Benzema, Kevin Gameiro dan Olivier Giroud di barisan artileri, ayam jantan diharapkan mampu berkokok nyaring di kota Kiev dan Warsawa.

Apapun itu, mari kita doakan supaya Euro 2012 menjadi salah satu turnamen terseru yg pernah ada! Seperti tag line turmanen ini: Creating History Together. Ok, mari kita ciptakan sejarah bersama2!

No comments:

Post a Comment