Pages

Thursday, August 30, 2012

Benvenuto, Bojan!

Bojan, kehadirannya sedikit mengurangi tekanan pada Galliani

 
Milan menutup spekulasi kedatangan eks pujaan San Siro, Ricardo Izecson Leite alias Kaka dengan mendatangkan Bojan Krkic sebagai pemain pinjaman dari AS Roma. Kehadiran Bojan memang sedikit melegakan mengingat beberapa waktu lalu timeline di akun twitter Milanisti ramai dengan rencana kedatangan pemain “antah berantah” Ze Eduardo, sesaat setelah Alexandre Pato divonis mengalami cidera.

Kedatangan Bojan Krkic paling tidak sedikit memberi kelegaan pada Milanisti. Walaupun dari karirnya yang masih pendek, Bojan masih belum membuktikan apapun. Bojan adalah pemain yang sudah terkenal sejak remaja. Bakat besarnya sempat menjadi rebutan dua negara, Spanyol dan Serbia untuk kepentingan tim nasional sepak bolanya. Bakat besarnya sudah terlihat saat gelaran Piala Eropa U-17 saat ia masih berusia 15 tahun. Pada akhirnya, Bojan memilih untuk memperkuat Spanyol, tanah kelahirannya.

Bojan sempat dianggap memiliki talenta setara Lionel Messi, seniornya di Barcelona. Hal ini diperkuat dengan debutnya di usia 17 tahun 19 hari yang memecahkan rekor termuda debut tim senior Barcelona yang sebelumnya dipegang la pulga. Di musim debutnya itu, Bojan masih menjadi cadangan dari trio Ronaldinho, Messi dan Samuel Eto’o. Situasi ini berlangsung selama tiga musim setelahnya, dan Bojan tidak kunjung bermain regular sebagai starting XI.

Kemampuannya tidak sehebat pemberitaannya. Karir seniornya tidak secemerlang karir juniornya. Anda boleh saja berkata demikian. Setelah itu Bojan dilego ke AS Roma yang dilatih Luis Enrique, bekas pelatih junior Barcelona. Dengan ekspektasi fans bahwa Luis Enrique mampu menyamai apa yang dilakukan Pep Guardiola di Barcelona, Bojan terbang ke kota Roma.

Proyek “la masia” Luis Enrique ternyata tidak berjalan mulus di Roma. Hanya setahun, dia dipecat. Permainan Bojan juga tidak konsisten, dari 33 pertandingan liga yang dia mainkan, hanya 7 gol yang dilesakkannya. Dia kemudian dipinjam AC Milan.

Benarkah pemain dengan catatan ini mampu menjadi andalan lini depan Milan, yang telah ditinggal 3 penyerang andalannya musim lalu? Peluang Bojan bersinar di Milan sebenarnya cukup besar mengingat kebugaran Alexandre Pato sangat tidak bisa diharapkan dan permainan angin-anginan Robinho.

Kini lini depan Milan diperkuat oleh para mantan wonderkid (Pato, Bojan) dan juga wonderkid yang menunggu pembuktian (Stephan El Shaarawy dan Mbaye Niang). Milan kini memiliki total 6 penyerang untuk mengarungi musim 2012/2013. Kebanyakan? Well, jika melihat fakta-fakta yang sudah saya sebutkan tadi, tentu kehadiran Bojan bisa sangat membantu, apalagi dengan kemampuannya bermain di segala posisi di lini depan.

Di Milan, karir Bojan ditentukan. Ini akan menjadi musim keduanya di seri a, dan tidak ada lagi alasan adaptasi permainan.

2 comments:

  1. maaf gan, Luis Enrique ngundurin diri, bukan Dipecat manajemen roma

    #Forzaroma

    ReplyDelete
  2. wah thanks koreksinya. Semoga sukses buat Roma..

    ReplyDelete