Pages

Monday, October 24, 2011

Kiper-kiper Spanyol

Tim nasional mana yg terbaik di dunia saat ini? Jika ukurannya gelar dalam 3 tahun kebelakang tentu Spanyol. Ditambah fakta salah satu klubnya yaitu Barcelona menjadi klub tersukses dan tak terkalahkan dengan materi mayoritas pemain2 asli Spanyol. Belum lagi Real Madrid, klub yg selalu dihuni bintang sepakbola papan atas. Liga Spanyol kini adalah salah satu destinasi pemain-pemain terbaik dunia.

Salah satu sektor posisi pemain yg layak disorot sebagai kunci keberhasilan tim matador adalah pos penjaga gawang. Walaupun Spanyol adalah tim yg seimbang penyerangan dan pertahanannya, peran portero gak kalah penting. Sebuah pertandingan yg ketat dan seru, biasanya memiliki hasil akhir yg ditentukan oleh detail2 kecil di lapangan, salah satunya adalah penyelamatan2 yg dilakukan oleh seorang penjaga gawang. Pasti masih inget dong penyelamatan super signifikan Iker Casillas saat menggagalkan peluang emas Arjen Robben di final Piala Dunia 2010. Bukan maksud mengecilkan arti gol Andres Iniesta, dan ramalan dari si Paul Gurita, tapi tanpa penyelamatan legendaris tadi, piala dunia tadi udah terpajang rapi di lemari KNVB (PSSI-nya Belanda).

Negara di semenanjung Iberia yg memiliki provinsi seperti Castila (Madrid), Catalan, Andalusia, Basque, Galicia, Valencia dan Aragon ini termasuk negara yg mengapresiasi peran kiper. Terbukti dengan pemberian gelar el zamora untuk penjaga gawang yg jumlah kebobolannya paling sedikit di liga. Selama ini, pos kiper Spanyol mutlak digenggam Iker Casillas. Masih 30 tahun tapi sudah matang sejak 5 tahun lalu, sehingga posnya memang sulit digeser, bahkan oleh Victor Valdes, kiper Barcelona yg notabene peraih titel el zamora dalam beberapa musim terakhir La Liga.

Selain Casillas dan Valdes, ada Pepe Reina yg juga menjadi andalan. Pengalamannya bermain di liga Inggris yg keras bersama Liverpool diharapkan mampu menjadikannya pelapis sepadan bagi San Iker. Kiper yg punya refleks cepat serta lemparan dan tendangan super akurat ini juga sudah dikenal luas di publik Spanyol maupun penikmat sepakbola eropa. Tapi apakah hanya mereka bertiga?

Sekarang Spanyol gak perlu khawatir kalau Iker Casillas pensiun atau absen. Kiper2 hebat lainnya sudah siap menjadi suksesor. Dijamin deretan nama ini bisa bikin tim nasional sekelas Inggris iri. Atau mungkin pemerintah Indonesia bisa narik mereka aja kali ya buat dinaturalisasi... Berikut profil singkat mereka:

1. David De Gea
De Gea baru musim ini ditransfer klub raksasa Inggris, Manchester United. Walaupun performanya diawal musim masih dianggap belum maksimal dan terkesan belum memenuhi ekspektasi Sir Alex Ferguson, tapi kiper ini sangat berbakat dan masih muda. Ditangan Sir Alex yg memang pintar mengeluarkan kemampuan terbaik dari anak buahnya, De Gea adalah calon kiper hebat.

2. Diego Lopez
Penggemar La Liga mungkin sudah akrab dengan nama ini. Pernah menjadi cadangan Casillas di Madrid, kiper ini menjelma menjadi tembok kokoh Villareal. Permainannya yg konsisten sempat membuat kiper bertinggi nyaris 2 meter ini beberapa kali dipanggil ke tim nasional.

3. Sergio Asenjo
Dua musim lalu, pemain ini dianggap sebagai salah satu kiper paling berbakat di eropa. Di usianya yg masih 18 tahun saat itu, dia sangat tangguh di Real Valladolid. Musim selanjutnya, dia digaet Atletico Madrid. Sayangnya, permainannya dianggap menurun dan cedera mulai akrab dengannya, yg membuatnya digusur De Gea. Sekarang sepeninggal De Gea ke MU, Asenjo siap membuktikan kapasitasnya.

4. Javi Varas
Ini adalah sosok yg baru naik daun di kancah La Liga. Kiper 29 tahun ini naik pangkat jadi kiper utama Sevilla setelah Andres Palop menurun permainannya karena faktor usia. Sejauh ini performanya mengundang pujian dari klub, dan imbasnya dia langusng diganjar perpanjangan kontrak hingga 2016 plus kenaikan gaji. Paling aktual adalah menahan gempuran para pemain Barcelona termasuk menahan tendangan penalti Lionel Messi.

1 comment:

  1. Spanyol emang terkenal dengan budaya melahirkan kiper2 hebat setau saya. kalo di inggris dan brazil anak2 kecil berlomba menjadi striker hebat, lain ceritanya di spanyol.

    di inggris dan brazil, anak yang menjadi kiper biasanya yang dianggap paling gabisa main bola. sementara anak2 kecil spanyol berlomba - lomba berebut untuk menjadi kiper hebat. itulah alasan mengapa spanyol tidak pernah kehabisan kiper sejak era andoni zubizareta hingga sekarang :)

    ReplyDelete