Pages

Tuesday, January 3, 2012

Winter transfer market

Winter market atau bursa transfer musim dingin telah dibuka. Memang tidak seramai musim panas, tapi transfer musim dingin cukup menentukan keberhasilan klub di akhir musim. Lihat AC Milan musim lalu, keberhasilan mereka mendatangkan Antonio Cassano dan Mark Van Bommel membuat mereka meraih scudetto ke 18 mereka.

Belanja musim dingin ini memerlukan perhitungan yang lebih matang dibanding dengan saat belanja musim panas. Budget yang ada pada umumnya dipakai saat summer transfer, dan klub juga sudah memperhitungkan posisi keuangan mereka diawal tahun untuk itu, yang umumnya tidak mengagendakan transfer musim dingin. Keengganan pemain untuk pindah di pertengahan musim juga jadi kendala transfer musim dingin ini. Pemain akan lebih sulit untuk beradaptasi dengan tim yang sudah berjalan setengah musim.

Transfer musim dingin bisa jadi diprioritaskan apabila pada pertengahan musim klub berada pada keadaan yang mendesak, misalnya karena ada pemain andalan cedera atau performa yang tidak memuaskan sehingga butuh tambahan pemain baru. Milan adalah contoh nyata dalam hal ini setelah tumbangnya Cassano. Mereka ngotot ingin mendatangkan Carlos Tevez.

Jika saya simpulkan dari berita-berita yang berseliweran, rasanya ada beberapa klub besar yang berpotensi menjadikan winter transfer kali ini menjadi ramai. Berikut klub-klub ini:
1. AC Milan
Milan benar-benar kepincut dengan kemampuan Tevez yang setara dengan Cassano. Sebenarnya Milan telah menyiapkan Maxi Lopez (Catania) sebagai alternatif, namun sampai dengan deadline yang diberikan oleh Catania (31 Desember 2011) mengenai transfer ini, belum ada pergerakan apapun dari Lopez. Ini berarti Milan yakin bahwa mereka akan mendapatkan Tevez.
Rumor lain Milan bersiap mendatangkan Riccardo Montolivo (Fiorentina), Cesare Natali dan Samir Hadanovic (keduanya Udinese), entah di bursa transfer ini atau di musim panas. Yang sudah hampir pasti datang di musim panas mendatang adalah Seydou Keita (Barcelona).

2. Paris Saint Germain
Setelah mendaratkan pelatih andal Carlo Ancelotti, PSG semakin dikaitkan dengan beberapa big name. Kehadiran pelatih sekelas Carletto diyakini akan membuat banyak bintang mau merapat ke kota Paris. Alexandre Pato (Milan), Ricardo Kaka (Madrid) dan David Beckham (LA Galaxy) sudah beberapa hari terakhir muncul, tapi muncul lagi nama Salomon Kalou (Chelsea) dan Mauricio Isla (Udinese) sebagai target tambahan.

3. Arsenal
The gunners benar-benar butuh tambahan kualitas jika mereka ingin bersaing memperebutkan gelar EPL. Untuk itulah legenda mereka Thierry Henry didatangkan, walaupun hanya 2 bulan. Wenger berharap king Henry mampu menularkan mental juara kepada para college boys Arsenal. Namun kedatangan Titi bisa membuat Marouane Chamakh hengkang ke klub lamanya, Bordeaux. Arsenal, yang juga memiliki urgensi transfer yang sama di lini belakang. Wenger telah mengincar bek tangguh Blackburn Rovers, Christopher Samba, yang seharga 8 juta pound, tapi persoalan klasik berupa dana segar masih menghinggapi awak Ashburton Grove. Menyikapi perkembangan ini, Tottenham Hotspurs kabarnya siap menikung.

4. Inter Milan
Massimo Moratti mungkin lagi sakit. Banyak sumber bilang kalo dia siap jual satu-satunya playmaker mereka, Wesley Sneijder. Manchester United sudah siap menampung, mengingat mereka masih belum bisa menemukan pengganti Paul Scholes. Jika gagal mendapatkan Sneijder, mereka bersiap mengincar wonderkid Ajax Amsterdam, Cristian Erikssen. Inter juga dikabarkan sedang mencarikan klub untuk Mauro Zarate. Tapi perkembangan terkini malah bilang kalo Barcelona mengincar Diego Forlan untuk menggantikan David Villa yang cedera. Tidak hanya mercato-out, Inter juga bersiap membenahi lini tengah mereka yang amburadul ditinggal cedera Sneijder. Freddy Guarin (Porto) dan Casemiro (Sao Paolo) diincar jika Sneijder jadi hengkang.

5. Lainnya
Juventus mengikat Marco Borriello dari AS Roma, hal ini memicu hengkangnya Amauri, yang dikabarkan diincar Fiorentina untuk menggantikan Alberto Gilardino yang hengkang ke Genoa. Juve juga berniat kembali mendatangkan Martin Caceres (Sevilla). Dari ibukota Roma, dua klub sedang berupaya berbenah. Roma berusaha mempertahankan Daniele De Rossi dari tangkapan Manchester City. City membutuhkan tenaga De Rossi saat Yaya Toure memperkuat Pantai Gading di Piala Afrika. Sementara Lazio mengincar Rasmus Elm dari AZ Aalkmar dan menjajaki kemungkinan pertukaran dengan klub Jerman, Hoffenheim, Zdravko Kuzmanovic dengan Djibril Cisse.

Dari Spanyol, walaupun membantah, Barcelona diberitakan terus membujuk Neymar (Santos) untuk hengkang. Bujukan pribadi dari Dani Alves dan Lionel Messi boleh jadi membawa hasil.


Mari kita tunggu kelanjutan telenovela Winter Market ini.

No comments:

Post a Comment