Pages

Sunday, May 22, 2011

Tuhan, tolong selamatkan sepakbola Indonesia



Perkembangan yang terjadi belakangan ini di PSSI bikin gue sebagai penikmat bola jadi super sedih, dan bikin gue mandek bikin tulisan soal AC Milan. Gimana nggak? Sepakbola adalah darah gue, yang gak pernah sedikitpun gue bisa lupa. Gue juga orang Indonesia dimana dari gue lahir 27 tahun lalu sampe sekarang kesulitan membentuk 11 pemain tangguh plus 7-8 pemain cadangan terbaik dari ratusan juta rakyat aja kita kagak pernah mampu.

Nah sekarang jangankan punya skuad timnas yang hebat dan disegani, mau pilih ketua umum PSSI aja susahnya minta ampun. Kenapa susahnya minta ampun? Soalnya orang2 yang ada di kongres adalah orang2 yang cuma peduli sama golongannya sendiri, bakal calonnya sendiri, atau lebih jauh lagi kekuasaannya sendiri. Sepakbola bisa jadi alat propaganda politik yang sangat ampuh, coi. Liat aja Silvio Berlusconi yang bisa jadi perdana menteri berkat kesuksesannya bikin AC Milan merajai Eropa pada awal 90'an, dan sekarang dia mulai melibatkan anaknya yang cakep yaitu Barbara untuk melanjutkan perjuangannya.

Ngeliat para pengacau kongres PSSI sama aja ngeliat badut-badut beraksi di ancol. Mereka sama sekali gak ngerti apa yang mereka perbuat, mereka katakan atau mereka pikirkan karena di otak mereka cuma ada 1: kekuasaan. Mereka gak peduli lagi sama sepakbola, mereka mungkin aja bahkan emang sebelumnya gak pernah ngerti bola. Lalu, mana ada ketulusan dan kebaikan kalo yang ada di pikiran mereka hanyalah kekuasaan? Ya, kekuasaan dan kebodohan. Kenapa kebodohan? Karena ada salah satu peserta yang melihat kehadiran sekjen FIFA Jerome Valcke adalah intervensi bangsa asing. Preettt.. Yang ngomong gitu mending nyebur sumur aja deh, masa FIFA yang notabene organisasi sepakbola dunia dimana Indonesia adalah salah satu anggotanya dibilang bentuk intervensi bangsa asing? Ya.. Nyebur sumur aja biar otak lo dingin dan bisa mikir jernih.


Entah sampe kapan bangsa kita ribut melulu kaya begini. Ngurus sepakbola aja kagak becus, apalagi ngurus negara yang punya 230 juta rakyat. Masih seger banget dalam ingatan bagaimana bangsa kita begitu jumawa dan tentunya norak saat timnas melaju ke final piala AFF, mereka seolah diperlakukan seperti layaknya kita udah menang aja, padahal sama sekali belom tanding. Kemenangan2 telak atas negara2 yang padahal kualitasnya dibawah kita langsung di blow up habis2an padahal kita emang biasa menang lawan negara2 itu. Semua orang mendadak punya baju Irfan Bachdim dan Cristian Gonzalez, muka mereka ada dimana-mana. Yah memang inilah fenomena sebuah bangsa yang haus akan sosok, figur dan cerita kejayaan. Belom menang aja udah gede bacotnya.

Sekarang Nurdin Halid dan antek2nya udah ditendang, apa semua udah selesai? Ternyata belum tuh. Gue khawatir kongres ini malah bakal menghasilkan Nurdin-Nurdin baru, yang bukannya memajukan sepakbola malah sebaliknya bikin sepakbola kita makin terpuruk lagi. Gak usah kesitu dulu deh, untuk milih ketum dan wakil ketum aja sampe ribut dan pake urat leher. Udah ketauan orang2 macam apa tuh yang ngacauin kongres.


Satu hal yang bikin gue sebagai orang awam penikmat bola sedih adalah ancaman sanksi FIFA. Kalo bener terealisasi, ancaman itu bakal nendang bangsa kita dari percaturan sepakbola internasional. Kalo sampe banned, kita bakal gak bisa lagi rame2 datang ke GBK buat teriakin dukungan buat 11 putra terbaik bangsa dalam wujud timnas Indonesia. Gak ada lagi nama kita di kualifikasi piala dunia, yang berarti kita gak bakal bisa ikut piala dunia, yang dengan kondisi gak kena sanksi aja udah susah buat bisa masuk kesana. Lalu, gimana nanti nasib anak gue yang mau gue didik jadi pesepakbola kalo situasi PSSI carut marut kaya begini? Gue gak mau anak gue jadi konsultan kaya gue. Mungkin banyak diantara kita berpikiran sama.


Akhir dari cerita dan drama ini kita belum tau, dan mudah2an bukan yang terburuk buat bangsa kita, khususnya sepakbola kita. Jadi saya mohon Tuhan, selamatkanlah sepakbola Indonesia. Amin.

Aditya Nugroho

No comments:

Post a Comment