Pages

Monday, June 26, 2017

Milan Mercato: Mulai Ruwet

Pasca mendapatkan tanda tangan Andre Silva, penyerang Portugal berusia 21 tahun, aktivitas Milan pada bursa transfer pemain melambat. Selain saga perpanjangan kontrak Gianluigi Donnarumma yang setidaknya masih harus menunggu hingga sang pemain mengakhiri kiprahnya di Piala Eropa U-21, ada beberapa pertimbangan ekonomis lain yang membuat Milanisti harus mesti bersabar menunggu.

Pertimbangan ekonomis dimaksud adalah harga para pemain incaran yang berada di atas anggaran Milan. Harga dari tiga target yang telah diumumkan, yaitu Andrea Conti, Lucas Biglia dan Nikola Kalinic masih terlalu tinggi. Khusus Conti, Milan disebut sedikit lagi mencapai kata sepakat dengan Atalanta.

Mengapa persoalan ini membuat Milan begitu sulit bergerak tidak semudah ketika mendapatkan Andre Silva, Franck Kessie, Ricardo Rodriguez dan Mateo Musacchio? Tidak lain karena Milan ini sudah harus cermat bermain-main dengan anggaran yang telah mereka tetapkan.

Milan disebut memiliki anggaran 130 juta euro untuk dibelanjakan di bursa transfer. Total harga empat pemain yang telah berhasil didatangkan tadi adalah 82 juta euro (Rodriguez dan Musacchio masing-masing 18 juta, Kessie 8 juta loan fee, Andre Silva (38 juta). Ini berarti Milan memiliki sisa anggaran sebesar 48 juta euro saja.

Sisa sebesar ini pun akan terpotong sebesar 25 juta euro andai Milan dan Atalanta menyepakati harga Andrea Conti, yang kemudian menyisakan Milan dengan anggaran sebesar 23 juta euro saja. Uang sebesar ini tidak cukup untuk melunasi dua target Milan lainnya, yaitu Biglia yang harganya ditetapkan sebesar 20 juta euro dan Kalinic yang tidak akan dilepas kurang dari 30 juta euro.

Sebetulnya, pergerakan Milan pada mercato ini tidak akan berhenti sekalipun telah berhasil mendatangkan Biglia dan Kalinic (atau pemain lain dengan posisi mirip). Milan masih berhasrat mendatangkan setidaknya masing-masing seorang penyerang sayap, gelandang tengah dan bek tengah.

Jika berandai-andai dengan angka, ini berarti Milan setidaknya membutuhkan 100 juta euro lagi untuk mendatangkan lima orang pemain. Jumlah ini pun masih bisa membengkak tergantung hasil negosiasi Fassone dan Mirabelli dengan para lawan transaksi. Dengan sisa uang sebesar 23 juta euro saja, berarti tidak ada pilihan lain selain menjual pemain-pemain yang ada.

Kebetulan, Milan memang memiliki agenda ‘cuci gudang’ untuk beberapa nama. Gabriel Paletta, Rodrigo Ely, Cristian Zapata, Mattia De Sciglio, Leonel Vangioni, Riccardo Montolivo, Andrea Poli, Andrea Bertolacci, Juraj Kucka, Jose Sosa, M’baye Niang, Carlos Bacca hingga Gianluca Lapadula siap untuk dinegosiasikan. Berdasarkan situs Trasnfermarkt, total harga seluruh pemain ini adalah 91 juta euro.

Wah, berarti jika seluruhnya bisa dijual sesuai harga Transfermarkt, ditambah anggaran sisa sebesar 23 juta euro tadi, permasalahan selesai dong.

Siapa bilang. Lagipula, memangnya menjual pemain itu gampang? Belum lagi gaji mereka di Milan terlalu besar sementara kualitasnya sudah menurun. Mereka perlu berdoa agar datang tawaran gila dari klub-klub asal Tiongkok. 25 juta euro untuk paket Montolivo-Poli? Rasanya mereka pun masih perlu berpikir keras untuk itu.

Jumlah total pemain yang dapat dilepas itu adalah 13 orang. Ini hampir setengahnya total skuat Milan. Kehilangan 13 pemain ini tentu harus dicarikan penggantinya juga, karena beberapa nama tadi merupakan langganan starter musim lalu. Dengan kata lain, merapatnya Conti, Biglia, Kalinic dan tiga pemain baru lainnya akan memunculkan persoalan baru yaitu kedalaman skuat. Anggota starter Milan musim depan boleh jadi amat mentereng, akan tetapi apalah artinya starter mentereng tanpa pemain pelapis yang bisa diandalkan.

Ini membawa Milan pada persoalan pelik lainnya, yaitu mencari pemain-pemain murah atau gratis, atau pilihan lainnya adalah berani mengorbitkan talenta muda. Poin terakhir ini sebetulnya cukup layak dicoba. Stefan Simic, bek muda asal Republik Ceko tampil gemilang pada Piala Eropa U-21, oleh karenanya amat layak dikedepankan untuk menjadi pelapis Musacchio-Romagnoli.

Di posisi gelandang, persoalan kedalaman skuat ini amat terasa. Jika benar Montolivo, Bertolacci, Sosa, Poli dan Kucka dilepas, Milan tinggal memiliki Manuel Locatelli, Jack Bonaventura, Kessie dan kemungkinan Biglia (atau Grzegorz Krychowiak). Setidaknya mereka butuh dua pemain lagi untuk mengakomodasi pola tiga gelandang ala Vincenzo Montella. Nama Matias Fernandez layak dikedepankan. Selain murah, musim lalu performanya cukup lumayan. Sayangnya, ia rentan cedera. Kemungkinan besar, Milan akan berburu pemain gratisan lagi atau mencari pemain pinjaman seperti ketika musim lalu mereka mendapatkan Mario Pasalic.

Lalu di lini depan, jika Bacca, Niang dan Lapadula dilepas dan kontrak Keisuke Honda habis, maka nama tersisa tinggal Suso, Andre Silva dan Kalinic (jika jadi datang). Gerard Deulofeu dan Lucas Ocampos juga telah kembali ke klub pemilik. Milan membutuhkan setidaknya tiga penyerang lagi untuk menjadi pelapis.Sebetulnya saya menyukai ide pembelian Deulofeu, namun keinginan Barcelona untuk menarik kembali sang penyerang sayap menjadikan situasi lebih sulit.

Bagaimana? Mulai kelihatan ruwet, bukan?

No comments:

Post a Comment