Pages

Saturday, April 9, 2011

Act like a champion: Eat like Diego Forlan


08.00 – Sarapan

Diego Forlan
Saya memulai hari ini dengan sepiring nanas. Saya suka rasa manis dan rasa itu membuat saya terbangun. Saya lalu makan roti panggang -roti gandum- yang diolesi mentega, lalu yoghurt. Kadang saya makan telur dadar dengan daging asap dan keju. Saya lebih suka bagian putih telur dibandingkan kuningnya. Minumnya mungkin jus jeruk segar dan itu sudah cukup untuk bekal latihan

Matt Lovell, pakar nutrisi Tottenham Hotspur, dan Timnas Rugbi Inggris
Nanas segara adalah makanan yang sangat bagus bagi seorang pesepakbola. Bagian yang penting untuk dimakan adalah bagian tengahnya, bagian itu mempunyai kandungan bromelain tinggi, enzim pencernaan yang bisa menolong para pemain untuk penyembuhan pasca cedera dengan mengurangi inflamasi. Telur dadar memiliki protein tinggi dan akan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dari roti dan nanas serta membantu meratakan kadar gula dalam darah anda. Protein juga bagus untuk perbaikan otot

Rekomendasi Matt Lovell
Para pemain amatir sebaiknya mengkonsumsi roti panggang sebagai kudapan sesaat sebelum berlatih. Roti gandumnya akan menjadi sumber karbohidrat yang akan terurai menjadi glukosa (sumber energi bagi otot). Saya juga menyarankan untuk mengoleskan selai atau madu pada roti, yang akan meningkatkan kadar gula dalam darah anda dan memperbarui cadangan glikogen dalam otot. Bubur juga sama baiknya untuk dikonsumsi. Saya akan menyarankan satu gelas kecil jus jeruk saja karena kandungan gulanya sangat tinggi.


13.00 Makan siang

Diego Forlan
Setelah dua atau tiga jam berlatih, saya akan langsung makan siang. Kadang saya makan siang di klub. Namun terkadang juga di restoran Madrid bersama teman atau keluarga. Dengan siapapun, biasanya saya akan memakan pasta atau nasi dengan ayam. Saya kadang menyantap spageti dengan percikan minyak diatasnya dan sedikit keju. Jika saya menyantap ayam, pasti ayam panggang yang tidak pernah digoreng. Itu jauh lebih baik untuk anda.

Matt Lovell
Tubuh anda akan mencerna pasta dengan sangat cepat. Energi anda akan segera tergantikan. Ayam juga sangat mudah dicerna dan akan memberi tubuh anda protein, yang akan membantu memperbaiki otot setelah tubuh anda menerima beban selama latihan. Pemulihan cepat adalah kunci bisa tampil konsisten.

Rekomendasi Matt Lovell
Ada beberapa jenis minuman pasca pertandingan yan memiliki kandungan karbohidrat dan protein. Contohnya susu cokelat. Ini akan membantu perbaikan oto, pemulihan, dan pengisian energi, saya juga menyarankan anda mengonsumsi salad sayuran.


16.00 Kudapan Sore Hari

Diego Forlan
Sore harinya, saya biasa memblender buah-buahan seperti jeruk dan nanas, lalu meminum jusnya. Apa itu namanya?? (smoothie). Saya menambahkan sedikit air dan es. Rasanya enak, terutama saat musim panas di Madrid. Para pakar nutrisi berkata setidaknya anda harus mengonsumsi lima porsi buah-buahan atau sayuran perhari. Saya pikir saya setidaknya makan 10 porsi !. Mungkin saya juga menyantap sandwich panggang atau sereal

Matt Lovell
Smoothie penuh vitamin dan anti oksidan serta akan membantu anda pulih lebih cepat dan membantu tubuh anda siap menghadapi sesi latihan berikutnya ataupun pertandingan. Setelah bekerja keras pada pagi hari, metabolisme Diego pasti akan lebih keras dan asupan energi tambahan ini akan membantu tubuhnya mengisi energi kembali

Rekomendasi Matt Lovell
Menambahkan satu sendok whey protein ke smoothie. Asam amino dalam whey protein sangat mambatu dalam berbagai cara, terutama, meningkatkan waktu pemulihan sehingga anda bisa berlatih lebih keras pada sesi berikutnya dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga anda tidak jatuh sakit.


21.00 – Makan Malam

Diego Forlan
Saya menyantap mekanan terakhir saya pada larut malam. Di Manchester, orang biasanya makan pada pukul ima atau enam. Di Madrid, orang tidak makan malam sebelum pukul 11 pada musim panas karena sebelum itu biasanya cuaca masih panas. Jika dirumah, saya makan sekitar pukul sembilan, biasanya menunya ikan salad. Saya suka banyak tomat dan sayuran rebus. Saya tahu makanan yang saya santap sehat dan baik untuk tubuh, tapi saya sangat menikmati semua yang saya makan. Kadang (hanya kadang-kadang loh ya) saya makan susu karamel berupa saus/selai. Saya minum banyak air putih sepanjang hari agar tidak dehidrasi

Matt Lovell
Ia makan pada waktu yang sangat larut, yang sebenarnya tidak ideal, tapi boleh-boleh saja karena ikan sangat mudah dan cepat dicerna, begitu juga sayuran. Susu karamel membantunya rileks dan tidur nyenyak.

Rekomendasi Matt Lovell
Untuk makan malam, saya menyarankan ikan berdaging putih, brokoli, kacang-kacangan, dan tomat


Sumber : Fourfourtwo

No comments:

Post a Comment